Kamis, 11 Agustus 2016

contoh RPP K13 Biologi kelas X materi animalia



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                                           :    SMA
Mata Pelajaran                              :    Biologi
Kelas / Semester                           :    X  /  2
Materi                                             :    ANIMALIA
Kurikulum                                      :     KURIKULUM  2013                  
Alokasi Waktu                               :     3….. x45 ..jam pelajaran

A.       Kompetensi Inti                        
1.       Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.       Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.       Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.       Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3 9 
Menerapkan
prinsip
klasifikasi
untuk
menggolongkan
hewan ke
dalam filum
berdasarkan
bentuk tubuh,
simetri tubuh,
rongga tubuh
dan reproduksi

-          3.9.1.
Menyebutkan ciri  umum dari animalia
-          3.9.2
Menyebutkan ciri –ciri hewan  invertebrata
-          3.9.3
Menyebutkan ciri – ciri hewan vertebrata
-          3.9.4
 Menjelaskan contoh-contoh hewan      invertebrata
3.9.5
Menjelaskan contoh hewan vertebrata
-          3.9.6
Membedakan ciri-ciri hewan invertebrata dan vertebrata
-          3.9.7 Mengklasifikasi kan animalia
. 4. 9  Menyajikan data tentang perbandingan kompleksitas lapisan penyusun tubuh hewan (diploblastik dan triploblastik), simetri tubuh, rongga tubuh dan reproduksi­nya
            4.9.1   Membandingkan     lapisan tubuh      hewan
                        diploblastik    dengan     triploblastik

C.       Materi Pembelajaran
       -3.9.1.1  Ciri umum Animalia
         3.9.2.1 Ciri hewan invertebrata
         3.9.3.1  Ciri hewan vertebrata
         3.9.4.1  contoh hewan invertebrata
         3.9.5,1  contoh hewan vertebrata
         3.9.6.1 perbedaan  invertebrata  dan vertebrata
         3.9.7.1 klasifikasi animalia
         4.9.1. 1 Hewan diploblastik  dan triploblastik
D.       Keiatan Pembelajaran
        1.  Pertemuan  ke satu
         a..   Pendahuluan
                Apersepsi:
                  Guru mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan materi sebelumnya, dengan menanyakan
                 “perbedaan apa yang dapat anda sebutkan antara  tumbuhan  dengan  hewan  ?”
                  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini, yaitu tentang animalia  dan indicator
                  ketercapaian hari ini.
                
         b.    Kegiatan inti
                Memberi  Stimulus
    .           Guru menyajikan berbagai gambar  animalia ( bekicot,   caci ng, bintang laut, ikan, , 
                ayam , harimau )

                Mengidentifikasi masalah
    -    -
    Peserta didik mengidentifikasikan ciri –ciri  hewan  yang     ada pada gamba
    -          Peserta didik  menjelaskan contoh –contoh hewan yang    termasuk  invertebrata
    -          Peserta  didik  menjelaskan contoh contoh hewan yang    termasuk  vertebrata
   -           Peserta  didik   membedakan ciri ciri  hewan vertebrata   dengan   inveertebrata
             . Mengumpulkan data
               Peserta didik  mencari dan mengumpulkan data tentang    hewan vertebrata dan
               invertebrata  dari    berbagai   sumber  dan internet

               Mengolah data
               Pesrta didik  dalam kelompok menyelesaikan permasalahan
               dengan perbedaan  hewan  invertebrata  dengan vertebrata
          .   

                 Memverifikasi
                 Peserta didik  membandingkan hasil diskusi antar kelompok   untuk menganalisis
                  permasalahan tentang perbedaan  invertebrata dan vertebrata
          
                 Menyimpulkan
                  Guru memberikan kesempatan kepada perwakilan kelompok untuk mempresentasikan
                   atau mengkomunikasikan secara lisan tentang  animalia
            
              . e. Penutup
          
      1. Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini, serta mendorong
          peserta didik untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan berupa  hewan yang beranekaragam
          Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan)
          kepada kelompok yang berkinerja baik.

     2.Guru memberikan tugas untuk pertemuan berikutnya.
               Guru meminta peserta didik untuk mempelajari materi pada pertemuan berikutnya yaitu tentang
               Hewan

              E.   Teknik   Penilaian
1.    Jenis/teknik  penilaian
Pertemuan 1  : Test  tulis, Penugasan (  instrumen  terlampir )               
Pertemuan 2  :  test  kinerja (   instrumenTerlampir  ) 
  
 F     Media/Alat, bahan, dan Sumber Belajar
         Media                                : gambar gambar Hewan
         Alat dan bahan                  :  cacing,  bekicot, burung
         Sumber belajar                  :  Buku Siswa, LKS, Internet


        

                                                                                                                                        Surabaya,    Mei 2016
Yang Mengesahkan                                                                                                      Penyusun
Kepala SMA                                                                                                   Guru  Mapel………………



                                                                                                                                        Imran Rosyadi
NIP. 1                                                                                                                              NIP. 2






LAMPIRAN  1.   MATERI
       CIRI – CIRI ANIMALIA
l  Merupakan makhluk hidup yang eukariotik dan multiseluler
l  Merupakan makhluk hidup  heterotrofik yang mendapatkan energi dari makhluk hidup lain
l  Umumnya bereproduksi secara seksual
l  Tidak mempunyai dinding sel
l  Dalam hidupnya beberapa fase bersifat motil
l  Memiliki kemampuan merespons stimulus dari lingkungan secara cepat  karena memiliki sel syaraf
l  Berdasarkan karateristik morfologi, anatomi, reproduksi, fisiologi dan biokimia, hewan dikelompokkan menjadi beberapa filum.
l  Dunia hewan dapat dikelompokkan berdasarkan :
q  Tingkat organisasi (tinggi ; rendah)
q  Lapisan embrional (diploblastik  ; triploblatik)
q  Rongga tubuh/selom (aselomata, pseudomata, euselomata/entereselomata)
q  Simetri tubuh (radial, bilateral, asimetri)
q  Segementasi tubuh (metametrik, nonmetametrik)
q  Tulang belakang (vertebrata, invertebrata)

l  Berdasarkan karateristik morfologi, anatomi, reproduksi, fisiologi dan biokimia, hewan dikelompokkan menjadi beberapa filum.
l  Dunia hewan dapat dikelompokkan berdasarkan :
q  Tingkat organisasi (tinggi ; rendah)
q  Lapisan embrional (diploblastik  ; triploblatik)
q  Rongga tubuh/selom (aselomata, pseudomata, euselomata/entereselomata)
q  Simetri tubuh (radial, bilateral, asimetri)
q  Segementasi tubuh (metametrik, nonmetametrik)
q  Tulang belakang (vertebrata, invertebrata)


l  Berdasarkan karateristik morfologi, anatomi, reproduksi, fisiologi dan biokimia, hewan dikelompokkan menjadi beberapa filum.
l  Dunia hewan dapat dikelompokkan berdasarkan :
q  Tingkat organisasi (tinggi ; rendah)
q  Lapisan embrional (diploblastik  ; triploblatik)
q  Rongga tubuh/selom (aselomata, pseudomata, euselomata/entereselomata)
q  Simetri tubuh (radial, bilateral, asimetri)
q  Segementasi tubuh (metametrik, nonmetametrik)
q  Tulang belakang (vertebrata, invertebrata)
Lampiran  2    Test  tulis
1.     Dari gambat yang ada , sebutkan 4 ciri – ciri  umum kingdom animalia !
 2.   Tuliskan  4 ciri hewan invertebrata
3.    Tuliskan  4 ciri  hewan vertebrata 
4.    Jelaskan  alasan mengapa cacing  termasuk invertebrata  
5.    Jelaskan perbedaan reproduksi hewan vertebrata secara ovipar,ovovipar dan vivipar dan
       berikan contohnya.

Kunci jawaban
NO
   JAWABAN
 SKOR
    SKOR MAKSIMAL
1
Eukariotik
1


Organisme multiseluler
1


Organisme heterotrof
1


Bereproduksi secara seksual dan aseksual
1




4
2
Tidak bertulang belakang
1


Bentuk tubuh simetri bilateral
1


Bentuk tubuh simetri radial
1


Diploblastik
1


Triploblastik
1


Aselomata
1


Pseudomata
1


Selomata
1




8
3
Bertulang belakang
1


Bernafas dengan paru - paru
1


Memiliki batang syaraf dorsal
1


Memiliki chorda dorsalis pada waktu muda
1


Memilik celah insang
1


 Memiliki  Anus
1


Meniliki sistem peredaran darah
1




7
4
Cacing tanah  tidak  memiliki tulsng belakang
1


Triploblastik
1


Selomata
1


Metameri
1




4

Total Skor max

23
      NILAI   =   skor perolehan /  skor maximum  x 1000
Lampiran 3
FORMAT PENILAIAN KETERAMPILAN

Keterampilan yang dinilai                               : proses saintifik

RubrikPenilaian
No
Ketrampilan
Kriteria
Skor

Mengobservasi/Mengamati
Mengamati sesuai dengan prosedur yang ditentukan, data lengkap

4

3

2

1


Mengamati sesuai dengan prosedur yang ditentukan tetapi kurang lengkap


Mengamati tidak sesuai dengan prosedur yang ditentukan, data lengkap


Mengamati tidak sesuai dengan prosedur yang ditentukan,data tidak  lengkap

Merumuskanpertanyaan/Menanya
Menanyakan perbedaan dan persamaan ciri porifera, coelenterata, platyhelminthes dengan filum lain dalam  invertebrata

4


3


2

1


Menanyakan perbedaan dan persamaan ciri porifera, coelenterata, dengan filum lain dalam avertebrata


Menanyakan perbedaan dan persamaan ciri porifera, coelenterata, platyhelminthes saja


Menanyakan perbedaan dan persamaan ciri porifera, coelenterata, atau porifera dengan platyhelminyhes saja

Merumuskanhipotesis
Merumuskan perbandingan porifera, coelenterata, platyhelminthes tidak  dengan filum lain dalam avertebrata
4

3

2

1


Merumuskan perbandingan porifera, coelenterata,atau porifera platyhelminthes dengan filum lain dalam avertebrata


Merumuskan perbandingan porifera,  platyhelminthes atau porifera, coelenterata tidak  dengan filum lain dalam avertebrata


Merumuskan perbandingan porifera,  platyhelminthes atau porifera, coelenterata saja


Mengumpulkaninformasi (mengeksplor)
Informasi yang dikumpulkan sangat lengkap ada keterkaitan dengan filum lain

4

3


2

1


Informasi yang dikumpulkan sangat lengkap tidak ada keterkaitan dengan filum lain


Informasi yang dikumpulkan kurang lengkap ada keterkaitan dengan filum lain


Informasi yang dikumpulkan kurang lengkap tidak ada keterkaitan dengan filum lain

Mengolah data (mengasosiasiataumenalar)
Pengolahan data lengkap, baik dan benar
4

3

2

1


Pengolahan data lengkap, baik dan  benar


Pengolahan data lengkap,  baik dan kurang benar


Pengolahan data tidak  lengkap, baik dan kurang benar

Menarikkesimpulan (mengomunikasikan)
Dalam mepresentasi hasil diskusi baik , benar dan bagus, lengkap
4

3
2

1


Kurang baik , benar,  tidak lengkap


Kurang baik dan kurang benar , lengkap


Kurang baik dan kurang benar ,  tidak lengkap






 Pedoman Penskoran
            
               Nilai   =  Jumlah Skor Perolehan  /  Jumlah skor maximum x 100











Tidak ada komentar:

Posting Komentar