Kamis, 11 Agustus 2016

contoh RPP K13 biologi kelas X materi Jamur



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                                         :     SMA
Mata Pelajaran                          :     BIOLOGI
Kelas / Semester                      :     X / 1
Materi                                           :     JAMUR
Kurikulum                                    :     KUR 2013             
Alokasi Waktu                            :     45 x 3 jam pelajaran

A.       Kompetensi Inti                    
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.       Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.7  Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan jamur berdasarkan ciri-ciri, cara reproduksi, dan mengaitkan peranannya dalam kehidupan

1.      Mengidentifikasi ciri-ciri umum jamur
2.      Mendeskripsikan morfologi jamur
3.      Mendeskripsikan struktur tubuh jamur
4.      Menjelaskan cara jamur memperoleh nutrisi
5.      Menjelaskan cara reproduksi jamur
6.      Menjelaskan daur hidup jamur
7.      Mengelompokkan jamur berdasarkan morfologi, cara memperoleh nutrisi, dan reproduksi
8.      Mendeskripsikan peran jamur dalam bidang ekologi
9.      Mendeskripsikan peran jamur dalam bidang kesehatan
10.  Mendeskripsikan peran jamur dalam bidang ekonomi
4.7  Menyajikan laporan hasil penelusuran informasi tentang keanekaragaman jamur dan peranannya dalam keseimbangan lingkungan
1.      Melakukan kegiatan pembuatan tempe
2.      Memodifikasi percobaan pembuatan tempe dengan variasi jenis pembungkus dan ragi
3.      Menyajikan laporan hasil percobaan pembuatan tempe dengan variasi jenis pembungkus dan ragi

C.       Materi Pembelajaran
1.      Ciri-ciri jamur
2.      Morfologi jamur
3.      Struktur tubuh jamur
4.      Cara jamur memperoleh nutrisi
5.      Reproduksi jamur
6.      Daur hidup jamur
7.      Klasifikasi jamur
8.      Peran jamur dalam bidang ekologi
9.      Peran jamur dalam bidang kesehatan
10.  Peran jamur dalam bidang ekonomi

D.      Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-1
Kegiatan
Waktu (menit)
A.       Kegiatan awal
1.      Guru mengucapkan salam, siswa menjawab salam
2.      Guru mengecek kehadiran siswa
3.      Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan
4.      Guru mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya (protista) dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari (jamur)
5.      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
6.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan
dilakukan
7.      Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
10
B.       Kegiatan inti
Pemberian stimulus
1.      Guru menunjukkan beberapa contoh jamur (jamur merang, jamur kuping, jamur kancing, jamur kayu, jamur tempe, jamur roti
2.      Guru merangsang siswa untuk mengajukan pertanyaan terkait dengan jamur yang ditunjukkan

Identifikasi masalah
3.      Siswa mengajukan pertanyaan terkait dengan jamur yang ditunjukkan oleh guru
4.      Siswa menuliskan pertanyaannya di papan tulis
5.      Guru mengarahkan siswa untuk memfokuskan pada pertanyaan yang terkait dengan: ciri umum, morfologi, struktur tubuh, cara jamur memperoleh nutrisi, reproduksi, daur hidup, pengelompokan, dan peran jamur

Pengumpulan data
6.      Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok
7.      Siswa bekerja dalam kelompok mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang jamur, baik dari buku teks maupun internet
8.      Mengolah data
9.      Siswa bekerja dalam kelompok, menjawab dan membahas pertanyaan-pertanyaan yang telah diajukan (ditulis di papan), dengan menggunakan informasi yang telah dikumpulkan

Verifikasi data
10.  Guru memimpin diskusi kelas, membahas tentang jamur
11.  Guru meminta perwakilan dari kelompok 1 untuk membacakan hasil diskusinya tentang ciri umum jamur. Kelompok lain memberikan tanggapannya.
12.  Guru meminta perwakilan dari kelompok 2 untuk membacakan hasil diskusinya tentang morfologi jamur jamur, menggunakan media jamur yang telah dibawa. Kelompok lain memberikan tanggapannya.
13.  Guru meminta perwakilan dari kelompok 3 untuk membacakan hasil diskusinya tentang struktur jamur. Kelompok lain memberikan tanggapannya.
14.  Guru menampilkan gambar struktur jamur (LCD). Guru meminta perwakilan siswa menjelaskan/menunjukkan struktur jamur dengan gambar tersebut, berdasarkan hasil diskusi kelompoknya
15.  Guru meminta perwakilan dari kelompok 4 untuk membacakan hasil diskusinya tentang cara jamur memperoleh nutrisi. Kelompok lain memberikan tanggapannya.
16.  Guru menampilkan contoh jamur (yang telah ditunjukkan pada bagian awal) dan beberapa gambar (LCD), siswa menentukan cara jamur tersebut memperoleh nutrisi.
17.  Guru meminta perwakilan dari kelompok 5 untuk menyampaikan hasil diskusinya tentang cara reproduksi jamur
18.  Guru menampilkan gambar cara reproduksi jamur (seksual & aseksual) dengan menggunakan LCD. Guru meminta siswa (bebas) untuk menjelaskannya, secara bergantian. Gambar yang ditampilkan urut mulai dari reproduksi aseksual (spora, konidium, dan reproduksi seksual (askospora, basidiospora)
19.  Guru meminta perwakilan kelompok 6 untuk menyampaikan hasil diskusinya tentang peran jamur bagi kehidupan manusia. Kelompok lain memberikan tanggapan.

Menyimpulkan
20.  Siswa menyimpulkan hasil diskusi kelas, yang meliputi ciri umum, morfologi, struktur tubuh, cara jamur memperoleh nutrisi, reproduksi, daur hidup, pengelompokan, dan peran jamur
70
(5)





(5)








(25)








(20)






























(5)
C.       Kegiatan akhir
1.      Guru memfasilitasi dalam menemukan kesimpulan dari pembelajaran yang dilakukan dengan mereviu indikator yang hendak dicapai pada hari itu, meliputi: ciri umum, morfologi, struktur tubuh, cara jamur memperoleh nutrisi, reproduksi, daur hidup, pengelompokan, dan peran jamur
2.      Guru meminta beberapa peserta didik untuk mengungkapkan manfaat mengetahui konsep tentang jamur
3.      Guru melakukan penilaian dengan melakukan tes kecil (Instrumen penilaian terdapat pada lampiran 2).
4.      Guru menyampaikan kepada siswa bahwa materi pada pertemuan berikutnya adalah praktik pembuatan tempe. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk:
a.       mencari informasi tentang proses pembuatan tempe
b.       membawa kedelai yang telah direndam 1 malam kemudian direbus 1 jam
10

E.       Teknik Penilaian
1.        Pertemuan ke-1   : kuis
2.        Pertemuan ke-2   : unjuk kerja
3.        Pertemuan ke-3   : penilaian berbasis proyek
4.        Ulangan harian (tes tulis)
5.        Remidi & pengayaan
a.       Pemberian pembelajaran ulang
Dilakukan jika lebih dari 50% siswa tidak mencapai KKM. Pembelajaran ulang dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif learning. Siswa diberikan LKS untuk dikerjakan secara berkelompok. Setelah dibahas, maka dilakukan tes tertulis.
b.       Pemberian bimbingan individu/kelompok
Dilakukan jika kurang dari 50% siswa tidak mencapai KKM. Guru menganalisis pada IPK mana siswa yang banyak mengalami kesulitan. Guru membahas ulang IPK tersebut, kemudian melakukan tes ulang, hanya pada IPK tersebut.
c.        Pemberian tugas
Dilakukan untuk siswa yang sudah menjalani remidi, tetapi nilainya masih dibawah KKM. Siswa tersebut diberi tugas membaca bab jamur dari judul buku tertentu (misal: buku biologi terbitan erlangga, TS, intan, dll). Siswa diminta membuat peta konsep (disertai dengan sedikit penjelasan) dari buku yang telah dibaca tersebut.
d.       Pengayaan
Dilakukan untuk siswa yang nilainya diatas KKM. Mereka diberikan latihan soal-soal olimpiade.

F.        Media/Alat, bahan, dan Sumber Belajar
1.           Media/alat        : Laptop, LCD proyektor, mikroskop, object glass, pinset, gambar berbagai jenis jamur
2.           Bahan                : jamur kuping, jamur merang, jamur kayu, jamur tempe
3.           Sumber belajar : BSE biologi kelas X karangan M. Anshori
                BSE biologi kelas X karangan Suwarno
                LKS pengayaan bakteri
                Internet

                                                                                                      …………………………………… 2016
Yang Mengesahkan                                                                      Penyusun
Kepala SMA                                                                                   Guru Biologi



…………………………………..                                                                >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
NIP.                                                                                                NIP.




LAMPIRAN 1.   Uraian Materi Pembelajaran

JAMUR

1.        Ciri-ciri jamur
a.      Organisme eukaryotik
b.      Dinding sel dari zat kitin (kuat tetapi fleksibel)
c.       Ada yang uniseluler, tetapi mayoritas multisesuler
d.      Tubuh terdiri atas hifa (benang-benang halus). Kumpulan hifa membentuk miselium.
e.      Tidak berklorofil

2.        Morfologi jamur
         

3.        Struktur tubuh jamur
     Tubuh terdiri atas hifa (benang-benang halus). Kumpulan hifa membentuk miselium. Pada jamur multiseluler yang hifanya tidak bersekat (asepta), inti selnya tersebar di dalam sitoplasma dan berinti banyak. Jamur jenis ini disebut jamur senositik (coenocytic). Sedang yang bersekat umumnya berinti satu dan disebut sebagai jamur monositik (monocytic).

4.        Cara jamur memperoleh nutrisi
     Jamur merupakan organisme heterotrof, yaitu organisme yang cara memperoleh makanannya dengan mengabsorbsi nutrisi dari lingkungannya atau substratnya. Sebelum mengabsorbsi makanan yang masih berupa senyawa kompleks, ia mensekresikan enzim hidrolitik ekstraseluler atau ferment untuk menguraikannya lebih dahulu di luar selnya.
     Jamur ada yang hidup sebagai parasit, ada pula yang bersifat saprofit. Selain itu, ada pula yang bersimbiosis dengan organisme lain secara mutualisme. Sebagai parasit, jamur mengambil makanan langsung dari inangnya. Jamur jenis ini memiliki haustorium, yaitu hifa khusus untuk menyerap makanan langsung dari inangnya. Sebagai saprofit, jamur mengambil makanan dari sisa-sisa organisme lain yang telah mati. Jamur yang bersimbiosis, mengambil nutrisi berupa zat organik dari organisme lain dan organisme itu mendapatkan zat tertentu yang bermanfaat dari jamur tersebut

5.        Reproduksi jamur
     Jamur dapat berkembang biak secara aseksual dan seksual. Meski demikian, perkembangbiakan secara seksual lebih mendominasi karena dilakukan oleh hampir semua jamur tersebut. Reproduksi aseksual dengan cara membentuk spora, tunas. Reproduksi seksual dengan cara peleburan gamet jantan dan gamet betina.

6.        Daur hidup jamur
       Daur hidup Rhizopus stoloniferus

7.        Klasifikasi jamur
Jamur diklasifikasikan menjadi 4 kelas, yaitu Zygomycotina, Ascomycotina, Basidiomycotina, dan Deuteromycotina.
Ciri
Klasifikasi
Zygomycotina
Ascomycotina
Basidiomycotina
Deuteromycotina
Hifa/ miselium
Bercabang, tidak bersekat (senositik)
Bersekat/ septa
Bersekat /septa
Bersekat/ septa
Reproduksi

a. seksual
Konjugasi, Zigospora
Ascospora
Basidiospora
Belum diketahui
b. aseksual
Spora
Konidium
Konidium/ basidium
Konidia

8.         Peran jamur
Divisi
Fungi/ jamur
Peran
1. Zygomycota
Rhizopus stolonifer
Tumbuh pada roti basi

Mucor mucedo
Menguraikan kotoran hewan

Rhizopus orizae
Pembuatan tempe
2. Ascomycota
Sacharomyces cerevicae
Pembuatan roti & alkohol

Sacharomyces tuac
Pembuatan tuak

Sacharomyces ellipsoideus
Pembuatan minuman anggur

Candida albicans
Penyakit keputihan & sariawan

Aspergilus fumigatus
Penyakit pd saluran pernafasan

Aspergilus flavus
Penyakit kanker hati

Aspergilus soyae
Pembuatan kecap

Aspergilus niger
Penghasil asam sitrat

Aspergilus oryzae
Pembuatan minuman beralkohol

Penicillium notatum & P.chrysogenum
Antibiotik penisilin

Penicillium camemberti & P.requeforti
Pembuatan keju

Penicillium digitatum & italicum
Penyakit pd buah jeruk

Penicillium expansum
Penyakit pd buah apel

Neurospora sitophila/ crassa
Pembuatan oncom
3. Basidiomicota
Volvariella volvaceae (jamur padi/ merang)
Bahan makanan

Jamur kuping

4. Deuteromicota

Menyebabkan penyakit kulit/ kurap & panu (dermatomikosis)


Pelapukan pada kayu




LAMPIRAN 2a.  Instrumen Penilaian Tes Kecil (Pertemuan ke-1)

A.      SOAL

1.      Sebutkan 3 ciri umum jamur!
2.      Tubuh jamur terdiri atas struktur terkecil yang disebut ...
3.      Berdasarkan cara memperoleh makanannya, jamur panu termasuk ...
4.      Berdasarkan cara memperoleh makanannya, jamur merang termasuk ...
5.      Saccharomyces cerevicae bereproduksi aseksual dengan cara ...
6.      Jamur kuping, jamur merang, jamur kancing, termasuk dalam kelas ...
7.      Sebutkan 1 manfaat jamur dalam bidang kesehatan!

B.       KISI-KISI
IPK
Materi Pembelajaran
Indikator Soal
Teknik Penilaian
Bentuk Soal
Nomor Soal
Mengidentifikasi ciri-ciri umum jamur
Ciri umum jamur
Siswa dapat menyebutkan 3 ciri umum jamur
Tes tulis
Jawaban singkat
1
Mendeskripsikan struktur tubuh
Struktur tubuh jamur
Siswa dapat menyebutkan struktur penyusun tubuh jamur
Tes tulis
Jawaban singkat
2
Menjelaskan cara jamur memperoleh nutrisi
Cara jamur memperoleh makanan
Siswa dapat menentukan cara jamur panu memperoleh makanan
Tes tulis
Jawaban singkat
3
Siswa dapat menentukan cara jamur merang memperoleh makanan
Tes tulis
Jawaban singkat
4
Menjelaskan cara reproduksi jamur
Reproduksi jamur
Siswa dapat menentukan cara reproduksi aseksual dari Saccharomyces cerevicae
Tes tulis
Jawaban singkat
5
Menentukan klasifikasi jamur
Klasifikasi jamur
Siswa dapat menentukan kelas dari jamur kuping, jamur merang, jamur kancing
Tes tulis
Jawaban singkat
6
Mendeskripsikan peran jamur dalam bidang ekonomi
Peran jamur
Diberikan beberapa manfaat mahluk hidup, siswa dapat memilih manfaat jamur dalam bidang ekonomi dengan tepat
Tes tulis
Jawaban singkat
6


C.       RUBRIK PENSKORAN
No. Soal
Jawaban
Skoring
1
a.      Organisme eukaryotik
b.      Dinding sel dari zat kitin (kuat tetapi fleksibel)
c.       Ada yang uniseluler, tetapi mayoritas multisesuler
d.      Tubuh terdiri atas hifa (benang-benang halus)
e.      Tidak berklorofil
Tiap 1 jawaban benar mendapatkan skor 1
Skor maksimal = 3
2
Hifa / miselium
1
3
Parasit
1
4
Saprofit
1
5
Bertunas
1
6
Basidiomycotina
1
7
Menghasilkan antibiotik
1






LAMPIRAN 2b.  Instrumen Penilaian Kinerja/Praktik

Mata Pelajaran                 : Biologi
Kelas/Semester               : X/1
Tahun Pelajaran               : 2016/2017
Kompetensi Dasar          : 4.7 Menyajikan laporan hasil penelusuran informasi tentang keanekaragaman jamur dan peranannya dalam keseimbangan lingkungan
Indikator Soal                    : Peserta didik dapat melakukan praktikum pembuatan tempe dengan tepat
Rubrik penilaian kinerja/praktik Biologi
Rubrik penilaian kinerja/praktik

Kriteria
Indikator
Skor
Persiapan
Skor maks = 3
Pemilihan alat dan bahan tepat
3
Pemilihan alat atau bahan tepat
2
Pemilihan alat dan bahan tidak tepat
1
Tidak menyiapkan alat dan/atau bahan
0
Pelaksanaan
Skor maks = 4
Langkah kerja dan waktu pelaksanaan tepat
2
Langkah kerja atau waktu pelaksanaan tepat
1
Langkah kerja dan waktu pelaksanaan tidak tepat
0


Memperhatikan keselamatan kerja dan kebersihan
2
Memperhatikan keselamatan kerja atau kebersihan
1
Tidak memperhatikan keselamatan kerja dan kebersihan
0
Hasil
Skor maks = 6
Mencatat dan mengolah data dengan tepat
3
Mencatat atau mengolah data dengan tepat
2
Mencatat dan mengolah data tidak tepat
1
Tidak mencatat dan mengolah data
0


Simpulan tepat
3
Simpulan kurang tepat
2
Simpulan tidak tepat
1
Tidak membuat simpulan
0
Laporan
Skor maks = 3
Sistematika sesuai dengan kaidah penulisan dan isi laporan benar
3
Sistematika sesuai dengan kaidah penulisan atau isi laporan benar
2
Sistematika tidak sesuai dengan kaidah penulisan dan isi laporan tidak benar
1
Tidak membuat laporan
0




LAMPIRAN 2c. Instrumen Penilaian Sikap

JURNAL GURU MATA PELAJARAN

Nama Satuan Pendidikan                    : SMA....................
Tahun Pelajaran                                  : 2016/2017
Kelas/semester                                                : X / 1
Mata Pelajaran                                               : Biologi

No
Tanggal
Nama
Kejadian/ perilaku
Butir sikap
Pos/ neg
Tindak lanjut
1.     






2.     






3.     






4.     






5.     






6.     






7.     






8.     






9.     






10. 






11. 






12. 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar