Minggu, 06 Januari 2019

SEAMEO - VCT BATCH 1 (BELAJAR DALAM VIDEO CONFERENCE)

Belajar banyak di VCT batch 1

Video confrence bukan lah hal baru bagi sebagian dari kita. Tapi bagi saya ini hal yang baru, selama ini hanya mendengar istilah tele confrence jaman TVRI ataukah video call jaman HP 3G. Pertama kali saya mengenal dunia video conference sewaktu mengikuti pelatihan daring kelas maya (edmodo) sebuah program dari SEAMOLEC. itu sekitar tahun 2016. Kaget juga ternyata banyak kegiatan lanjutan dari kelas maya tersebut, anggaplah saya waktu itu batch pertama. Selain kelas maya, masih banyak ilmu pengetahuan lain yang saya peroleh dari pelatihan-pelatihan daring di SEAMOLEC, diantaranya animasi drawing dan blender 3D.

Sempat vakum dari pelatihan daring beberapa lama dan kembali mengikuti serius satu program handal dr SEAMEO yaitu Virtual Coordinator Online Training, saya takjub dan kagum akan manfaat besar di balik program ini. Program ini tidak hanya menyediakan sertifikat resmi dr pihak SEAMEO bagi yang layak menerimanya, tapi melalui program ini terjadi pertukaran informasi pengetahuan dari ratusan guru-guru hebat yang bergabung di dalamnya merupakan sebuah oase nyata dalam menghadapi era pendidikan 4.0

Melalui program ini, saya jauh lebih menyadari bahwa guru-guru hebat di manapun mampu berbagi pengalaman dan pengetahuan nya di dunia pendidikan, tanpa harus keluar biaya mahal dan bertemu secara fisik. Cukup melalui video confrence, semuanya bisa berbagi informasi-informasi hebat tersebut. dan sangat membantu pemerataan kompetensi bagi kaum guru yang ingin meningkatkat kemampuannya. 

Walaupun tidak semua rekan yang tergabung di VCT batch 1 kemarin dinyatakan lulus, tapi jumlah 104 alumni VCT batch 1 ini sudah sangat luar biasa. Dan yang lebih hebatnya SEAMEO melanjutkan program VCT ini ke Batch 2, yang tersebar informasi pendaftarnya sudah melewati 1800 orang se Indonesia. Jika ribuan guru berbagi pengalaman dan informasi ke sesama, tentunya limpahan ilmu yang luar biasa bisa di nikmati oleh segenap peserta program VCT ini.

Semoga program ini bisa mempercepat kesiapan guru-guru di Indonesia dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0 atau dalam dunia pendidikan lebih tepatnya Education 4.0

Terima kasih SEAMEO atas program nya yang hebat
Terima kasih sesama Alumni VCT batch 1 yang saling menghebatkan sesama guru...


Imran Rosyadi
SMK Teknologi An Nas Mandai




1 komentar:

  1. Menginspirasi sekali saya implementasikan pada pembelajaran d kls saya pak. Thank you.

    BalasHapus