contoh RPP k13 biologi kelas x materi virus
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
SMA
Mata Pelajaran :
BIOLOGI
Kelas
/ Semester : X / GASAL
Materi : VIRUS
Kurikulum : KUR 2013
Alokasi
Waktu : 4 x 45 jam pelajaran
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3. 4
Menganalisis struktur dan replikasi, serta peran Virus dalam aspek kesehatan masyarakat
|
3.4.1
Menjelaskan struktur Virus.
3.4.2
Menyebutkan tahapan fase replikasi
Virus.
3.4.3
Menjelaskan proses yang terjadi pada
tiap tahapan fase siklus litik Virus.
3.4.4
Membandingkan siklus Litik dengan
Siklus Lisogenik Virus.
3.4.5
Memberikan contoh-contoh penyakit pada
manusia yang disebabkan Virus.
3.4.6
Menjelaskan tentang gejala penyakit
dan cara-cara pencegahan terhadap penyakit akibat Virus ( penyakit Aids, Flu,
Demam berdarah, Campak dll )
|
Melakukan kampanye tentang
bahaya virus dalam kehidupan terutama bahaya AIDS berdasarkan tingkat
virulensinya melalui berbagai media informasi.
|
4.4.1
Membuat poster
tentang bahaya AIDS berdasarkan tingkat virulensinya.
4.4.2
Melakukan kampaye tentang bahaya AIDS.
|
C.
Materi
Pembelajaran
·
Struktur
Virus
·
Tahapan fase replikasi Virus.
·
Proses yang terjadi pada tiap tahapan fase siklus litik
Virus.
·
Proses
replikasi ( siklus Litik dan Lisogenik) Virus .
·
Contoh penyakit pada manusia yang disebabkan Virus.
·
Gejala penyakit dan cara-cara pencegahan
terhadap penyakit akibat Virus ( penyakit Aids, Flu, Demam berdarah, Campak dll
).
·
Bahaya
AIDS berdasarkan tingkat virulensinya.
D.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1
a.
Kegiatan
Pendahuluan
|
|
|
·
Guru memberikan salam, berdoa bersama, memeriksa kehadiran
dan kesiapan siswa.
·
Guru
memberikan pertanyaan pancingan kepada
siswa, Apakah kalian hari ini merasa sehat ? Penyakit apa yang biasanya menjangkiti
kalian saat musim hujan ? apa penyebab penyakit tersebut ?
·
Guru menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari hari.
·
Guru menjelaskan kegiatan yang harus dilakukan siswa
dengan membentuk kelompok.
|
b.
Kegiatan
inti
|
|
|
·
Guru menunjukkan gambar berbagai
kasus penyakit yang
merebak akhir-akhir ini
yang disebabkan oleh Virus
seperti influenza, Aids, dan Flue
burung dan juga menunjukkan gambar berbagai macam Virus.
·
Siswa diminta mengamati gambar dan menanya.
·
Guru menampung pertanyaan yang dibuat kelompok siswa
dan mengarahkan pertanyaan nya tentang
; Bagaimana struktur tubuh Virus, Bagaimana cara perkembangbiakannya, Bagaimana cara penularan dan pencegahan
penyakit tersebut.
·
Guru menunjukkan gambar Virus dan gambar Replikasi
Virus.
·
Siswa mengamati gambar
proses replikasi
Virus pada
organisme hidup.
·
Kelompok siswa diminta mencari informasi dari berbagai
sumber untuk mencari tahu seputar pertanyaan yang diajukan.
·
Siswa
dalam kelompoknya mendiskusikan
hasil informasi.
·
Guru meminta wakil kelompok menyampaikan informasi yang
diperoleh.
·
Siswa
mempresentasikan hasil diskusi tentang :
struktur Virus,
replikasi virus dan cara pencegahan penyakit dampak virus dalam kehidupan sehari-hari
·
Siswa
dari kelompok lain mencermati kegiatan presentasi dan mengajukan pertanyaan.
·
Guru
menilai keterampilan siswa dalam mengajukan pertanyaan
|
c.
Kegiatan
penutup
|
|
|
· Guru bersama siswa
menyusun kesimpulan
hasil dari diskusi kelas.
· Guru menugaskan siswa untuk
mencari informasi tentang tentang gejala penyakit dan cara-cara
pencegahan terhadap penyakit akibat Virus ( penyakit Aids, Flu, Demam
berdarah, Campak dll ).
|
E.
Teknik
Penilaian
Pertemuan 1
Ø Pengetahuan
:
·
Tes lisan dalam
bentuk kuiz ( instrumen terlampir )
·
Ulangan Harian ( instrumen terlampir )
Pertemuan 2
Ø Ketrampilan :
F.
Media/Alat,
bahan, dan Sumber Belajar
Media /Alat :
Gambar Virus, gambar Proses Replikasi Virus.
Bahan : LKS
Sumber belajar :
buku, Internet.
…………………….. 2016
Yang
Mengesahkan Penyusun
Kepala
SMA Guru Mata
Pelajaran Biologi
………………………………….. …………………………….
NIP. 1 NIP.
1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar