RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
SMA
Mata Pelajaran :
Biologi
Kelas / Semester : X / 2
Materi : ANIMALIA
Kurikulum : KURIKULUM 2013
Alokasi Waktu : 3….. x …45 ..jam pelajaran
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3 9
Menerapkan
prinsip
klasifikasi
untuk
menggolongkan
hewan ke
dalam filum
berdasarkan
bentuk tubuh,
simetri tubuh,
rongga tubuh
dan reproduksi
|
-
3.9.1.
Menyebutkan ciri
umum dari animalia
-
3.9.2
Menyebutkan ciri –ciri hewan
invertebrata
-
3.9.3
Menyebutkan ciri – ciri hewan vertebrata
-
3.9.4
Menjelaskan
contoh-contoh
hewan invertebrata
3.9.5
Menjelaskan contoh hewan vertebrata
-
3.9.6
Membedakan ciri-ciri hewan invertebrata dan vertebrata
-
3.9.7 Mengklasifikasi kan animalia
|
4.9.1 Membandingkan lapisan tubuh hewan
diploblastik dengan
triploblastik
|
C.
Materi Pembelajaran
-3.9.1.1 Ciri umum Animalia
3.9.2.1 Ciri hewan invertebrata
3.9.3.1 Ciri
hewan vertebrata
3.9.4.1 contoh hewan
invertebrata
3.9.5,1 contoh hewan vertebrata
3.9.6.1 perbedaan
invertebrata dan vertebrata
3.9.7.1 klasifikasi animalia
|
4.9.1. 1 Hewan diploblastik dan triploblastik
D.
Keiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan ke satu
a.. Pendahuluan
Apersepsi:
Guru mengaitkan
materi yang akan dipelajari dengan materi sebelumnya, dengan menanyakan
“perbedaan
apa yang dapat anda sebutkan antara tumbuhan dengan
hewan ?”
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini, yaitu tentang animalia
dan indicator
ketercapaian hari ini.
b.
Kegiatan inti
Memberi
Stimulus
. Guru menyajikan berbagai
gambar animalia ( bekicot, caci ng, bintang laut, ikan, ,
ayam , harimau )
Mengidentifikasi masalah
- - Peserta didik mengidentifikasikan ciri –ciri hewan yang ada pada gamba
- - Peserta didik mengidentifikasikan ciri –ciri hewan yang ada pada gamba
- Peserta didik menjelaskan contoh –contoh hewan yang termasuk
invertebrata
- Peserta
didik menjelaskan contoh contoh
hewan yang termasuk vertebrata
- Peserta
didik membedakan ciri ciri hewan vertebrata dengan
inveertebrata
. Mengumpulkan data
Peserta
didik mencari dan mengumpulkan data
tentang hewan vertebrata dan
invertebrata dari
berbagai sumber dan internet
Mengolah data
Pesrta didik
dalam kelompok menyelesaikan permasalahan
dengan perbedaan hewan
invertebrata dengan vertebrata
.
Memverifikasi
Peserta didik
membandingkan hasil diskusi antar kelompok untuk menganalisis
permasalahan
tentang perbedaan invertebrata dan
vertebrata
Menyimpulkan
Guru memberikan
kesempatan kepada perwakilan kelompok untuk mempresentasikan
atau
mengkomunikasikan secara lisan tentang animalia
. e. Penutup
1. Guru bersama
peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini, serta mendorong
peserta
didik untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan berupa hewan
yang beranekaragam
Guru
memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang
relevan)
kepada
kelompok yang berkinerja baik.
2.Guru
memberikan tugas untuk pertemuan berikutnya.
Guru
meminta peserta didik untuk
mempelajari materi pada pertemuan berikutnya yaitu tentang
Hewan
E. Teknik
Penilaian
1. Jenis/teknik penilaian
Pertemuan 1 : Test tulis, Penugasan ( instrumen terlampir )
Pertemuan 2 : test kinerja (
instrumenTerlampir )
F Media/Alat,
bahan, dan Sumber Belajar
Media : gambar gambar Hewan
Alat dan bahan
: cacing, bekicot, burung
Sumber belajar
: Buku Siswa, LKS, Internet
Surabaya, Mei 2016
Yang Mengesahkan Penyusun
Kepala SMA Guru Mapel………………
Imran Rosyadi
NIP. 1
NIP. 2
LAMPIRAN 1.
MATERI
CIRI – CIRI
ANIMALIA
l
Merupakan makhluk hidup yang eukariotik dan
multiseluler
l
Merupakan makhluk hidup heterotrofik yang mendapatkan energi dari
makhluk hidup lain
l
Umumnya bereproduksi secara seksual
l
Tidak mempunyai dinding sel
l
Dalam hidupnya beberapa fase bersifat motil
l
Memiliki kemampuan merespons stimulus dari lingkungan
secara cepat karena memiliki sel syaraf
l
Berdasarkan karateristik morfologi, anatomi,
reproduksi, fisiologi dan biokimia, hewan dikelompokkan menjadi beberapa filum.
l
Dunia hewan dapat dikelompokkan berdasarkan :
q
Tingkat organisasi (tinggi
; rendah)
q
Lapisan embrional (diploblastik ; triploblatik)
q
Rongga tubuh/selom
(aselomata, pseudomata, euselomata/entereselomata)
q
Simetri tubuh (radial,
bilateral, asimetri)
q
Segementasi tubuh (metametrik,
nonmetametrik)
q
Tulang belakang (vertebrata,
invertebrata)
l
Berdasarkan
karateristik morfologi, anatomi, reproduksi, fisiologi dan biokimia, hewan
dikelompokkan menjadi beberapa filum.
l
Dunia
hewan dapat dikelompokkan berdasarkan :
q
Tingkat organisasi (tinggi
; rendah)
q
Lapisan embrional (diploblastik ; triploblatik)
q
Rongga tubuh/selom
(aselomata, pseudomata, euselomata/entereselomata)
q
Simetri tubuh (radial,
bilateral, asimetri)
q
Segementasi tubuh (metametrik,
nonmetametrik)
q
Tulang belakang (vertebrata,
invertebrata)
l
Berdasarkan karateristik morfologi, anatomi,
reproduksi, fisiologi dan biokimia, hewan dikelompokkan menjadi beberapa filum.
l
Dunia hewan dapat dikelompokkan berdasarkan :
q
Tingkat organisasi (tinggi ; rendah)
q
Lapisan embrional (diploblastik ; triploblatik)
q
Rongga tubuh/selom (aselomata, pseudomata,
euselomata/entereselomata)
q
Simetri tubuh (radial, bilateral, asimetri)
q
Segementasi tubuh (metametrik, nonmetametrik)
q
Tulang belakang (vertebrata, invertebrata)
Lampiran 2
Test tulis
1. Dari gambat yang ada , sebutkan 4 ciri
– ciri umum kingdom animalia !
2.
Tuliskan 4 ciri hewan invertebrata
3. Tuliskan
4 ciri hewan vertebrata
4. Jelaskan alasan mengapa cacing termasuk invertebrata
5. Jelaskan perbedaan reproduksi hewan vertebrata secara
ovipar,ovovipar dan vivipar dan
berikan contohnya.
Kunci jawaban
NO
|
JAWABAN
|
SKOR
|
SKOR MAKSIMAL
|
1
|
Eukariotik
|
1
|
|
|
Organisme multiseluler
|
1
|
|
|
Organisme heterotrof
|
1
|
|
|
Bereproduksi secara seksual dan aseksual
|
1
|
|
|
|
|
4
|
2
|
Tidak bertulang belakang
|
1
|
|
|
Bentuk tubuh simetri bilateral
|
1
|
|
|
Bentuk tubuh simetri radial
|
1
|
|
|
Diploblastik
|
1
|
|
|
Triploblastik
|
1
|
|
|
Aselomata
|
1
|
|
|
Pseudomata
|
1
|
|
|
Selomata
|
1
|
|
|
|
|
8
|
3
|
Bertulang belakang
|
1
|
|
|
Bernafas dengan paru - paru
|
1
|
|
|
Memiliki batang syaraf dorsal
|
1
|
|
|
Memiliki chorda dorsalis pada waktu muda
|
1
|
|
|
Memilik celah insang
|
1
|
|
|
Memiliki Anus
|
1
|
|
|
Meniliki sistem peredaran darah
|
1
|
|
|
|
|
7
|
4
|
Cacing tanah
tidak memiliki tulsng belakang
|
1
|
|
|
Triploblastik
|
1
|
|
|
Selomata
|
1
|
|
|
Metameri
|
1
|
|
|
|
|
4
|
|
Total Skor max
|
|
23
|
NILAI =
skor perolehan / skor
maximum x 1000
Lampiran 3
FORMAT
PENILAIAN KETERAMPILAN
Keterampilan yang dinilai : proses saintifik
RubrikPenilaian
No
|
Ketrampilan
|
Kriteria
|
Skor
|
|
Mengobservasi/Mengamati
|
Mengamati
sesuai dengan prosedur yang ditentukan, data lengkap
|
4
3
2
1
|
|
|
Mengamati
sesuai dengan prosedur yang ditentukan tetapi kurang lengkap
|
|
|
|
Mengamati
tidak sesuai dengan prosedur yang ditentukan, data lengkap
|
|
|
|
Mengamati
tidak sesuai dengan prosedur yang ditentukan,data tidak lengkap
|
|
|
Merumuskanpertanyaan/Menanya
|
Menanyakan
perbedaan dan persamaan ciri porifera, coelenterata, platyhelminthes dengan
filum lain dalam invertebrata
|
4
3
2
1
|
|
|
Menanyakan
perbedaan dan persamaan ciri porifera, coelenterata, dengan filum lain dalam
avertebrata
|
|
|
|
Menanyakan
perbedaan dan persamaan ciri porifera, coelenterata, platyhelminthes saja
|
|
|
|
Menanyakan
perbedaan dan persamaan ciri porifera, coelenterata, atau porifera dengan
platyhelminyhes saja
|
|
|
Merumuskanhipotesis
|
Merumuskan
perbandingan porifera, coelenterata, platyhelminthes tidak dengan filum lain dalam avertebrata
|
4
3
2
1
|
|
|
Merumuskan
perbandingan porifera, coelenterata,atau porifera platyhelminthes dengan
filum lain dalam avertebrata
|
|
|
|
Merumuskan
perbandingan porifera, platyhelminthes
atau porifera, coelenterata tidak
dengan filum lain dalam avertebrata
|
|
|
|
Merumuskan
perbandingan porifera, platyhelminthes
atau porifera, coelenterata saja
|
|
|
Mengumpulkaninformasi
(mengeksplor)
|
Informasi
yang dikumpulkan sangat lengkap ada keterkaitan dengan filum lain
|
4
3
2
1
|
|
|
Informasi
yang dikumpulkan sangat lengkap tidak ada keterkaitan dengan filum lain
|
|
|
|
Informasi
yang dikumpulkan kurang lengkap ada keterkaitan dengan filum lain
|
|
|
|
Informasi
yang dikumpulkan kurang lengkap tidak ada keterkaitan dengan filum lain
|
|
|
Mengolah data
(mengasosiasiataumenalar)
|
Pengolahan
data lengkap, baik dan benar
|
4
3
2
1
|
|
|
Pengolahan
data lengkap, baik dan benar
|
|
|
|
Pengolahan
data lengkap, baik dan kurang benar
|
|
|
|
Pengolahan
data tidak lengkap, baik dan kurang
benar
|
|
|
Menarikkesimpulan
(mengomunikasikan)
|
Dalam mepresentasi
hasil diskusi baik , benar dan bagus, lengkap
|
4
3
2
1
|
|
|
Kurang baik
, benar, tidak lengkap
|
|
|
|
Kurang baik dan kurang benar ,
lengkap
|
|
|
|
Kurang baik dan kurang benar , tidak lengkap
|
|
|
|
|
Pedoman
Penskoran
Nilai = Jumlah Skor Perolehan /
Jumlah skor maximum x 100
Tidak ada komentar:
Posting Komentar